Tags

, , , , , ,


Wow udah lama banget gak update blog ini. Lebaran udah lewat, kuliah udah mulai berjalan (lah bukan mahasiswa aja juga) hihihihi.

Saya mau kasih sedikit review buat buku yang inspiratif banget menurut saya. Judulnya Berani Mengubah yang ditulis oleh Pandji Pragiwaksono.  Ia adalah seorang penyiar radio, presenter televisi, penulis buku dan penyanyi rap. Ia juga aktif di stand-up comedy di Indonesia.

Yang saya suka dari Pandji adalah dia orang muda, berani beda, berani beraksi pula dengan segenap kemampuannya. Saya suka karya-karyanya salah satunya buku ini dan salah duanya adalah buku Nasional.is.me. Juga, salah satu buku yang sangat bagus buat para pemuda Indonesia yang butuh pemikiran-pemikiran cerdas orang muda.

Selain karyanya yang dua itu, salah tiganya yang saya suka dari Pandji ini adalah materi stand-up comedy-nya yang sangat cerdas. Tidak hanya lelucon sekedar lelucon untuk ditertawakan tapi berisi dan berbobot. Tidak murahan.

Oke, back to review berani mengubah. Telah banget sih mau kasih review sekarang, tapi yasudahlah yaaa. Buat bahan update blog juga ini :p

Di buku Berani Mengubah ini Pandji mengajak pembacanya (which is orang muda) untuk dapat berani melakukan perubahan, alih-alih hanya mengeluh karena hal tersebut. Pandji membicarakan isu-isu yang dulu sangat jauh dari anak muda, dikemas dengan bahasa yang ringan tetapi tajam.

Pandji berani mengangkat isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat, isu kesehatan, isu industri, sampai perbedaan agama. Semua dikemasnya dengan sangat baik (bagi saya tentunya).

Buat orang-orang yang ingin membuat perubahan untuk negara ini, minimal untuk scoup kecil di lingkungannya, buku ini sangat bisa diandalkan. Pandji mengingatkan kepada kita, pemuda, orang muda adalah pionir perubahan. Agent of change. Kalau orang mudanya tidak tergerak untuk melakukan perubahan, maka tidak akan ada perubahan tersebut.

Ingat kan, sumpah pemuda diakomodasi oleh pemuda, proklamasi saja difasilitasi oleh pemuda, kalau saja waktu itu Soekarno-Hatta tidak diculik para pemuda, mungkin bangsa ini merdeka sesuai dengan tanggal yang dijanjikan oleh Jepang (Koiso siapa gitu). Reformasi? Juga bisa terjadi karena pemudanya yang bergerak bukan?

Pokoknya buku ini recommended banget buat para pemuda yang punya idealisme dan ingin melakukan perubahan.

Oia, salah satu yang saya suka lagi dari Pandji adalah, dia tidak pernah mau datang atau mengisi acara yang disponsori oleh perusahaan rokok. Dan dia cukup teguh dalam memegang prinsipnya ini. Salut!

Sayang, saya ga suka musicnya, karena genre musik saya gak sama.😀

CAM01771-1