Sumber gambar: bloginiberwarnaungu.blogspot.com

Pekerjaan, pekerjaan itu bisa jadi satu dari sekian penilaian orang lain ke kita. Bener ga? Pasti iya, karna kalau loe pekerjaannya sebagai tukang parkir di mini market, maka orang akan memandang loe dengan sebelah mata, trus disipit-sipitin pula, biar semakin gak kelihatan. Coba deh, inget-inget, loe pasti gitu kan ke tukang parkir mini market yang sering loe datengin? Hayoo, ngaku!

Pekerjaan anak, juga jadi salah satu kebanggaan orang tua masa kini. Contohnya si A yang kerja di salah satu BUMN, bisa beli ini itu, wuih dibangga-banggakan banget deh sama orang tuanya. Terus mereka lihat gw, yang cuma kerja di sebuah organisasi trus akhirnya memutuskan resign dengan alasan yang cuma gw sendiri yang tahu, dan sekarang masih pengangguran, selalu di pandang sebelah mata.

Gw bukannya resisten dengan nasehat orang tua, cuma ya, nyokap gw aja santai-santai aja, ini kenapa orang lain yang repot? Meh. Nyokap gw mengambil paham yang demokratis. Gw di percaya untuk dapat mengatur hidup gw sendiri, selama jalan yang gw ambil itu benar. Gw mau kerja di mana aja, dia akan mendukung, karena dia tahu yang menjalani itu gw, bukan dia. Meh, cinta bener deh sama nyokap gw.

Ya tapi sampai saat ini sih nyokap gw masih pengen gw jadi pegawai negeri, tapi dalam hati gw udah gak ada minat. Alasannya? ehmm, susah untuk berkembang, sistem yang ada di dalam lingkungan kerja pegawai negeri itu bikin kita yang ada di dalamanya itu masuk ke dalam suatu politik skala kecil. Mau gak mau, pasti akan mengikuti arus. Dan gw masih cukup idealis dengan tidak mau prinsip gw terkotori oleh politik tersebut.

Yah, gw sih tetep mau usaha kalau memang ada salah satu departemen atau badan pemerintahan yang buka lowongan pegawai negeri. Tapi gw gak berharap untuk bisa masuk.

Padahal ya, ukuran berhasil atau tidaknya orang kan bukan hanya di lihat dari pekerjaannya saja, gajinya berapa, sudah punya apa saja. Itu menurut gw, gw gak tahu kalau penilaian orang lain.

Sumber gambar: edus.net84.net

Terus, ukuran keberhasilan menurut gw apa? Menurut gw, keberhasilan dan kesuksesan seseorang bisa terukur dari apa yang dia bisa berikan ke orang lain dari pekerjaannya itu, nyaman dan bahagia dengan pekerjaan yang dilakukan. Karena gw yakin ketika pekerjaan kita memberikan manfaat bagi orang lain dan kita pun merasa nyaman dan bahagia dengan pekerjaan kita, rezeki yang mengalir juga akan lebih lancar.

Masa? Ya iyalah, coba deh kalau loe ngeluh mulu sama pekerjaan loe, kerjanya jadi males-malesan kan? Hasilnya apa? Bisa-bisa tempat kita bekerja gak puas dengan hasil kerja kita dan kita tidak dianggap kompeten dalam pekerjaan terus bisa-bisa di pecat, gak jadi sukses deh.😀

Nah karena itu, gw gak mau meremehkan pekerjaan orang dan orang-orang yang bekerja dengan hati. Tapi memang mencari pekerjaan yang sesuai passion itu susah banget, gw udah beberapa kali ganti-ganti pekerjaan, belum ada yang benar-benar klik di hati gw. Kayak cari pacar, cari pekerjaan juga harus benar-benar selektif.

Ehmmmm, rasa-rasanya gw mau wirausaha aja.