“Apa sih Android? hape jenis baru ya?”

Errr, orang banyak yang gak tau ya, kalau sebenernya Android itu suatu sistem operasi telpon seluler yang berbasis Linux. Yang udah tau Linux pasti tau juga kalo sistem operasi ini menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan dan mengkreasikan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Makanya handphone yang menggunakan sistem operasi Android ini harganya jauh lebih miring dari BB atau handphone dengan platform lainnya (Windows, iOs, ect).

“Kelebihannya apa sih?”

  1. Notifikasi yang berbeda dengan handphone lain, setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen handpone.
  2. Google Android App Market, di Market ini ada ribuan aplikasi mulai dari aplikasi kantoran sampai aplikasi games yang apik-apik. Pokoknya kalau udah buka Market, bawaannya mau download sebanyak-banyaknya. Aplikasinya ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bedanya apa? Ya jelas, kalau aplikasinya berbayar tentunya lebih komplit dari aplikasi yang gratisan.
  3. Pilihan Merk Ponsel yang banyak, wah sekarang para produsen handphone lagi berlomba-lomba ngeluarin ponsel androidnya. Pilihannya banyak, ada Samsung, LG, Motorola, Sony Ericsson. Tinggal pilih sesuai hati dan dompet tentunya :p
  4. Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi, wah kalau bosen dengan ROM bawaan produsen, bisa cari komunitas Android sesuai jenis handphone kalian dan ganti custom ROM sesuai hati. Kalau kesulitan, banyak komunitas android di dunia maya yang bakal ngebantu, googling aja, pasti nemu deh.
  5. Widget, dengan adanya Widget di homescreen, bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
  6. Google, waah Android ini kan emang “kawin” dengan Google ya, jadi aplikasi Google pasti berjalan dengan sangat baik di handphone berbasis sistem operasi android ini.

Kalau kekurangannya? Setiap aplikasi pasti ada dong kekurangannya

  1. Boros Baterai, yaaa, semua handphone smartphone pasti ya boros banget sama baterai, tapi di Android, ada aplikasi yang bisa menghemat pemakaian baterai, selain memang kita sendiri yang harus bisa memanage penggunaan handphone kita.
  2. Koneksi Internet Terus-menerus, yaa namanya juga smartphone (pembelaannya gak ada yang lain nih :p) pasti lah harus konek internet 24 jam. Ini juga yang menambah daya tahan baterai menipis, tapi bisa kok koneksi internetnya di off ketika memang kita sedang tidak memerlukan koneksi internet yang terus-menerus, contohnya kalau malam pada saat waktu tidur. Sesuai kebutuhan aja jadinya.
  3. Iklan pada aplikasi gratisan di Market, banyak aplikasi yang didalamnya itu penuh dengan iklan. Ya maklum sih, aplikasi gratisan, iklan itu lah yang bikin si developer (pengembang) aplikasi punya duit untuk mengembangkan aplikasinya. Kalau mau yang bebas iklan, pilih lah aplikasi yang berbayar, harganya juga gak mahal-mahal banget lah.

Ih lebih banyak ya kelebihannya, wehehehehehe. Kalau mau Bbm-an, ada aplikasi Whatsapp, walaupun tahun ini mulai berbayar, masih ada beberapa pilihan aplikasi messager lainnya yang gak kalah oke.

Kebetulan gw juga make handphone android, mereknya si LG. Namanya Ome, udah gw flash berulang-ulang, tapi gw gak berani buat custom ROM ke gingerbread yang unofficial, takut. Hihihihihi. Soalnya ROM gingerbread resmi dari LG untuk Ome gak ada. Hiks emang dianaktirikan banget deh si Ome.

Kalau komunitas si Ome sendiri, gw lebih sering ngikutin yang ada di Kaskus, kalau mau belajar, disana lah tempatnya. Tanya-tanya di situ juga balesnya cepet. Ini linknya kalau mau gabung atau sekedar belajar: Lounge Ome